Khotbah Yeremia 9:22-26, Minggu 2 Juni 2013

Renungan

Introitus : 
Tetapi siapa mau yang bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: Bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah Tuhan yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi, sungguh semuanya itu kusukai, demikianlah Firman TUHAN (Yeremia 9:24).
 
Bacaan : II Korintus 10:12-18 (Tunggal); Khotbah : Yeremia 9:22-26
 
Tema : 
Bermegah di dalam Tuhan (Megahlah atendu ibas Tuhan).
 
Kata Pendahuluan
 
Saudara-saudara yang kekasih,
Godaan untuk bermegah dalam diri manusia dan bermegah di dalam Tuhan seperti tarik tambang. Kecenderungan pemenang tarik tambang bermegah dalam diri manusia dan bermegah di dalam Tuhan dimenangkan oleh bermegah dalam diri manusia. Rasanya manusia tidak puas kalau tidak mengagung-agungkan, memperlihatkan, memamerkan, menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki itu kepada orang lain sebagai hasil kebijaksanaan atau usahanya belaka. Hasilnya Mereka lupa bahwa sumber dari apa yang dimiliki itu adalah Tuhan. Dengan bermegah dalam diri manusia, mereka telah mencuri kemuliaan Allah, menjadi kemuliaan diri sendiri. Padahal dalam kehidupan kita bagi kemuliaan Allah sebab Ia sendiri sumber berkat dan kelebihan-kelebihan yang kita miliki. (Contoh-contoh bermegah dalam diri manusia dapat kita temukan dalam jejaring sosial yang memamerkan diri dengan kalimat:”Naik mobil baru nih”, “lagi nginap di hotel X nih’, “beli X nih”, secara tidak sadar ada unsur menonjolkan diri).

Lebih lanjut: Khotbah Yeremia 9:22-26, Minggu 2 Juni 2013

 

Khotbah Yohanes 16:12-15, Minggu 26 Mei 2013

Renungan

Introitus : 
Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini (Roma 5:2a)
 
Bacaan : Roma 5:1-15 (Anthoponal); Khotbah : Yohanes 16:12-15 (Tunggal)
 
Tema : 
Roh Kudus Menyatakan Kebenaran Allah
 
Tak kenal maka tak sayang, sudah kenal lalu terbayang akhirnya timbul rasa sayang. Ini adalah ungkapan betapa pentingnya “pengenalan” akan sesuatu, karena pengenalan terhadap sesuatu akan menetukan sikap seseorang terhadap sesuatu itu.
 
Yesus dimusuhi, di tangkap, disiksa bahakan di salibkan mati di bukit Golgota adalah rangkaian fakta bahwa mereka tidak “mengenal” Yesus. Yang mereka tahu tentang Yesus adalah anak Yusuf tukang kayu, penghasut khalayak ramai bahkan dituduh sebagai orang yang menodai (penghujat) agama yang mereka banggakan. Inilah yang menjadi dasar doa Yesus di atas Kayu Salib “ampuni mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”.

Lebih lanjut: Khotbah Yohanes 16:12-15, Minggu 26 Mei 2013

 

Khotbah Yesaya 32:15-20, Minggu 19 Mei 2013

Renungan

Introitus :  
Maka Roh Tuhan meliputi aku dan Tuhan berfirman kepadaku: “Katakanlah: Beginilah firman Tuhan: Kamu berkata-kata begini, hai kaum Israel dan Aku Tahu apa yang Timbul dalam hatimu (Yehezkiel 11 : 5)
 
Bacaan : Yohanes14 : 15-26(Tunggal); Khotbah : Jesaya 32 : 15-20 (Responsoria)
 
Thema : 
Roh Kudus Membaharui Dan Mendamaikan Semua CiptaanNya
 
Saudara yang kekasih, hari ini kita memperingati hari raya Gerejani yakni turunnya Roh Kudus. Hal ini sesuai dengan apa yang di janjikan oleh Yesus Kristus sebelum Ia naik ke sorga. Ia menjanjikan akan mengutus Roh penghibur bagi murid-muridNya, untuk tetap menyertai mereka guna menjalankan Misi Kristus di dunia ini, Yoh 14:26; 15:26. Dan Yesus juga mengatakan kepada murid-muridNya, jika Ia tidak pergi maka Roh penghibur itu tidak akan datang, maka lewat kepergian Yesus naik ke sorga Ia mengutus Roh itu (Yoh 16:7). Jelaslah bagi murid-murid, juga orang percayasepanjang zaman, maka Roh Kudus itu benar-benar penghibur serta memberi kekuatan dan keberanian untuk menyaksikan Yesus adalah Allah dan Juruselamat dunia ini. Lewat kesaksian orang percaya maka Gereja bertumbuh ditengah-tengah dunia dulu, kini dan selama-lamanya. Allah menghendaki agar setiap orang yang telah menerima dan mengakui Ia sebagai Juruselamatnya, maka terus dan terus memberitakan Injil Kristus itu.

Lebih lanjut: Khotbah Yesaya 32:15-20, Minggu 19 Mei 2013

 

Khotbah Yohanes 17:20-26, Minggu 12 Mei 2013

Renungan

Introitus : 
Karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan. Filipi 2 : 2
 
Bacaan : Pilipi 2 : 1 – 4 (Tungga); Khotbah : Johanes 17 : 20 – 26 (Tunggal)
 
Thema : 
Hendaknya Kita Semua Bersatu
 
Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus,
Bersatu kita teguh, Bercerai kita runtuh; pepatah ini sudah sangat kita kenal dalam kehidupan kita. Seperti lidi : bila hanya satu maka dia tidak akan mampu untuk menyapu sampah tapi bila satu ikatan, maka ia akan mampu untuk membersihkan sampah itu. Namun ungkapan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh bila kita renungkan lebih mendalam lagi maka akan sangat terasa bahwa mengucapkan jauh lebih enteng ketimbang melakukannya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Yang paling sederhana jawabnya ialah karena di antara kita sering kali muncul perbedaan-perbedaan yang kerap ngga bisa dipertemukan. Jangankan dengan orang lain, dengan diri kita sendiri sering kali antara hati dan pikiran kita bisa berbeda dan sangat sulit dipersarukan. Dan akibatnya, kita akan mengatakan “pusingggg”.

Lebih lanjut: Khotbah Yohanes 17:20-26, Minggu 12 Mei 2013

 

Khotbah Roma 12:9-12, Minggu 5 Mei 2013

Renungan

Introitus : 
Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Mat 7 : 7
 
Bacaan : Matius 7 : 7 – 10; Khotbah : Roma 12 : 9 – 12
 
Thema : 
Kekuatan Doa orang percaya (Gegeh toto kalak sitek)
 
Bapa, Ibu, Saudara-saudari yang dikasi Tuhan, Seorang pemuda Scotlandia yang bekerja dirumah tuannya, setelah sebulan bekerja Pemuda tersebut meminta untuk berhenti.
 
Seseorang bertanya: mengapa ia berhenti; apakah Tuan/nyonya rumahnya kejam?, ataukah anak-anaknya? Atau gajinya terlalu sedikit?, atau makanannya kurang enak???? Pemuda tersebut menjawab: “Tuan/nyanyo rumah serta anak-anaknya sangat baik, gaji lumayan, makanan sangat enak” , namun kenapa kamu tidak betah?

Lebih lanjut: Khotbah Roma 12:9-12, Minggu 5 Mei 2013

 

Page 20 of 47

BP-KLASIS-XXX

"SELAMAT DATANG mengunjungi Web GBKP KLASIS JAKARTA-BANDUNG"

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15

Pengunjung Online

We have 106 guests online

Login Form