Khotbah Yohanes 6:24-35, Minggu 5 Agustus 2012 (Minggu IX Setelah Trinitas)

Renungan

Introitus :
Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN (Mazmur 27:14)

Bacaan : Keluaran 16:2-4, 9-15; Khotbah : Johanes 6:24-35

Tema :
Carilah Yesus Karena Kuasa-Nya

Pendahuluan
Hidup ibarat sebuah petualangan, manusia sibuk mencari apa yang mereka dambakan. Reno Surbakti menciptakan lagu “kuja nge- kuja nge” yang di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia “kemana-kemana, kemana engkau kucari kasihku. Dan belakangan ini lagu “kemana-kemana” semakin di populerkan Ayu Ting-ting (beru ginting), sibuk mencari kesana kemari, tetapi sayang seribu kali sayang, apa yang dia cari tidak dia temukan, karena dia mencari di alamat palsu.

Syair lagu sekolah Minggu juga mengatakan bahwa setiap orang sibuk mencari, tapi apa yang di cari orang, katanya uang yang dicari orang bukan Tuhan Yesus. Nats renungan kita Minggu ini mengingatkan kita tentang “mencari”, tetapi hendaklah yang kita cari itu adalah yang “ter” (superlative) yang primer bukan yang sekunder dalam pribadi Yesus yaitu Yesusnya bukan mujizat-Nya (berkat-Nya), bukan roti-Nya tapi kuasa-Nya.

Lebih lanjut: Khotbah Yohanes 6:24-35, Minggu 5 Agustus 2012 (Minggu IX Setelah Trinitas)

 

Khotbah 2 Raja-raja 4:42-44, Minggu 29 Juli 2012 (Minggu VIII Setelah Trinitas)

Renungan

Introitus :
Mata sekalian orang menantikan Engkau, dan Engkau pun memberi mereka makanan pada waktunya (Mazmur 145:15).

Bacaan : Mazmur 145:14-17; Khotbah : 2 Raja-raja 4:42-44

Tema :
Tuhan mencukupkan kebutuhan hidup kita.

Pendahuluan
Minggu ini adalah munggu ke-8 setelah Trinitatis yang mengingatkan kita akan meja perjamuan, yang tersirat juga dalam mujizat yang dilakukan oleh Yesus, dimana ia memberi makan 5000 orang hanya dengan 2 ekor ikan dan 5 keping roti, dan masih tersisa 12 bakul. Hal ini mengingatkan kita bahwa kuasa Tuhan Yesus jauh melampaui segala akal budi manusia.
Dalam teks khotbah kita. Tuhan juga menunjukkan kuasaNya yang besar melalui tanda mukjizat yang dilakukan Elisa.

Lebih lanjut: Khotbah 2 Raja-raja 4:42-44, Minggu 29 Juli 2012 (Minggu VIII Setelah Trinitas)

 

Khotbah Efesus 2:11-22, Minggu 22 Juli 2012 (Minggu VII Setelah Trinitas)

Renungan

Introitus :
Dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus (Kolose 1:20).

Pembacaan : Jeremia 23:1-8; Khobah : Epesus 2:11-22

Thema :
Kristus Mempersatukan Semuanya

Pendahuluan
Satu hal yang menjadi rancangan Tuhan bagi manusia adalah: “supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau ya Bapa di dalam Aku dan Aku didalam Engkau ..... (Yoh. 17:21). Hal ini kembali mengingatkan kita tentang fungsi kita sebagai manusia yang berperan menjaga persekutuan dengan Allah melalui kesatuan dengan sesama manusia. Di dalam hidup ini selalu ada perbedaan satu dengan yang lain, akan tetapi perbedaan tersebut bukanlah untuk saling memisahkan diri, menghakimi atau menganggap yang paling baik/benar terhadap yang lain, tetapi rancangan Tuhan di dalam perbedaan tersebut dapat terjadi saling mengasihi dengan saling memperlengkapi/saling menolong. Kehidupan yang saling mengasihi tentu sangat kita dambakan dalam hidup ini, jadi untuk mewujudkannya kita tidak hanya menunggu dikasihi, situasinya baik untuk mengasihi, akan tetapi dimulai dari kita untuk mengasihi di dalam situasi apapun karena itulah jati diri kita.

Lebih lanjut: Khotbah Efesus 2:11-22, Minggu 22 Juli 2012 (Minggu VII Setelah Trinitas)

 

Khotbah Amos 7:7-15, Minggu 15 Juli 2012 (Minggu VI Setelah Trinitas)

Renungan

Introitus :
“Aku katakan "di dalam Kristus", karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan -- kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya” (Efesus 1:11)

Pembacaan : Efesus 1:3-14 ; Khotbah : Amos 7:7-15

Thema :
“Kesetiaan mendatangkan berkat, Ketidaksetiaan mendatangkan hukuman”

Pendahuluan
Tentu tidak menyenangkan menerima teguran, apalagi peringatan akan hukuman berat yang akan diterima. Sebab manusia cenderung merasa dirinya baik dan yang telah mereka perbuat telah memadai menurut mereka. Amsal 21:2 “Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi TUHANlah yang menguji hati”.

Bangsa Israel berusaha luput dari hukuman dengan tidak menaati Tuhan. Justru ketaatanlah yang menghindarkan seseorang dari hukuman. Tujuan pemilihan dan penyelamatan adalah kemuliaan bagi Tuhan. Pemilihan Tuhan memberikan tanggungjawab yang besar dalam hidup sehari-hari. Tetapi hidup mereka sungguh mempermalukan Tuhan. Hidup mereka sungguh miskin dihadapan Tuhan.

Lebih lanjut: Khotbah Amos 7:7-15, Minggu 15 Juli 2012 (Minggu VI Setelah Trinitas)

 

Khotbah Yehezkiel 2:1-5, Minggu 8 Juli 2012 (Minggu V Setelah Trinitas)

Renungan

Introitus :
Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia. (I Kor. 15:58)

Bacaan : II Kor. 11:16-17; Khotbah : Yehezkiel 2:1-5

Tema :
Setialah! Kerjakan pekerjaan yang disuruh Tuhan

Pendahuluan
Keberanian seseorang untuk menghadapi suatu masalah yang harus dihadapi adalah sangat penting dan diutamakan. Keberanian seseorang itu tentunya bukan keberanian yang membabi buta begitu saja, tetapi keberanian yang mempunyai dasar yang kuat dan mempunyai motivasi untuk dinyatakan baik terhadap seseorang maupun kepada banyak orang. Keberanian itu tidak melihat status sosia, kedudukannya dalam masyarakat, kaya atau miskin, berpendidikan atau tidak berpendidikan, tetapi semua dinyatakan dalam semua tingkatan kehidupan dalam masyarakat. Adapun keberanian yang dinyatakan itu adalah untuk menyatakan suatu perubahan di dalam suatu kehidupan yang tidak layak lagi/ tidak sesuai kehendak Tuhan untuk menuju kepada suatu sikap hidup baru yang bertujuan untuk menyenangkan hati Tuhan dan memuliakan nama Tuhan.

Lebih lanjut: Khotbah Yehezkiel 2:1-5, Minggu 8 Juli 2012 (Minggu V Setelah Trinitas)

 

Page 20 of 38

 

 "SELAMAT DATANG mengunjungi Web GBKP KLASIS JAKARTA-BANDUNG"

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15

Pengunjung Online

We have 69 guests online

Login Form