Khotbah Efesus 5:8-14, Minggu 30 Maret 2014 (Pasion IV)

Renungan

Introitus :
Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia (Yohanes 1:4)

Bacaan : 1 Samuel 16 : 1-13 ( Tunggal ); Khotbah : Efesus 5 : 8 - 14 (Tunggal)

 

Tema :
Hidup dalam terang tidak ada ketakutan (nggeluh ibas terang lalit kebiaren)

Jemaat yang dikasihi Tuhan,

Surat Paulus kepada jemaat Efesus adalah berisikan bagaimana rencana Tuhan untuk mempersatukan seluruh ciptaan baik disurga maupun di bumi dan Yesus sebagai kepala. Paulus menjelaskan persatuan itu terjadi karena Allah yang telah memilih bangsaNya, mengampuninya dan membebaskannya di dalam Yesus dan diteguhkan di dalam Roh Kudus( Pasal 1-3 ). Paulus mengajak setiap orang Kristen supaya hidup dalam terang ( Pasal 4-6 ).Terang adalah sesuatu yang kelihatan jelas, tidak tersembunyi. Terang tidak pernah dikalahkan oleh gelap seperti cahaya kunang-kunang pada malam hari walaupun kecil tetap kelihatan atau seperti cahaya lilin pada saat mati lampu sangatlah berguna.

Lebih lanjut: Khotbah Efesus 5:8-14, Minggu 30 Maret 2014 (Pasion IV)

 

Khotbah Mazmur 95:1-11, Minggu 23 Maret 2014 (Pasion III)

Renungan

Introitus :

Tetapi aku, berkat kasih setiamu yang besar yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau (Mazmur 5:8).

Bacaan : Roma 5:6-11.; Khotbah : Mazmur 95:1-11

Tema : Puji dan Sembahlah Allah.

Kata Pendahuluan

Saudara-saudara yang kekasih

Mengawali kehidupan dengan puji dan menyembah Allah merupakan ciri kehidupan Pemazmur (Daud). Pemazmur sadar bahwa hari ini memiliki pergumulan tersendiri. Pemazmur sadar bahwa Allah saja yang dapat menolongnya terhindar kefasikan dan pembual (pemberontak), tetapi semua orang yang berlindung kepada Allah akan bersukacita. Hari penuh sukacita diawali pagi hari dengan membuka hubungan (komunikasi) dengan Allah yaitu: masuk ke dalam rumah Allah, sujud menyembah ke arah bait Allah dengan takut (penuh hormat) kepada Allah.

Lebih lanjut: Khotbah Mazmur 95:1-11, Minggu 23 Maret 2014 (Pasion III)

 

Khotbah Yohanes 3:1-17, Minggu 16 Maret 2014 (Pasion III)

Renungan

Introitus : 
Roma 1 : 17(Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman”)
 
Bacaan : Roma4 : 1-5; 13-17 (Tunggal); Khotbah : Yohanes 3 : 1-17 (Tunggal)
 
Thema : 
 Kita Dekat Dengan Allah Bukan Dengan Pengetahuan Namun Oleh Iman
 
 
Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus,Percaya pada Tuhan bukan seperti anak-anak yang telah pernah melihat sesuatu, apakah mainan, binatang, maka jikalau kita tanya pasti dia katakan ya mainan itu bagus, binatang gajah itu besar sebab ia telah melihatnya. Namun jikalau kita tanya sesuatu yang ia belum pernah lihat maka ia katakan aku tidak tahu sebab belum pernah ku lihat. Benar juga secara logika bahwa yangbelum pernah ia lihat,ia katakan tidak...tidak, aku tidak percaya sebab saya belum pernah melihat. Namun jikalau kita berbicara secara iman itu berbeda sebab percaya pada Allah yang sama sekali belum pernah kita lihat. Kita percaya bahwa iman itu mengantarkan kita pada pengenalan dan mempercaya Dia yang telah menyelamatkan kita/dunia ini. Yesus pernah berkata pada Thomas. Kata Yesus kepadaNya:”Karna engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya” Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya (Yoh 20:29). Inilah iman dan percaya pada Yesus yang telah menyelamatkan kita, dan Ia telah mendekatkan kita dengan Allah sang Bapa itu, lewat pengorbanNya di kayu salib.

Lebih lanjut: Khotbah Yohanes 3:1-17, Minggu 16 Maret 2014 (Pasion III)

 

Khotbah Kejadian 2:16-17; 3:1-7, Minggu 9 Maret 2014

Renungan

Introitus : 
Dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. Efesus 4 : 27
 
Bacaan : Roma 5 : 12 – 19 (Antiphonal); Khotbah : Kejadian 2 : 16 – 17; 3 : 1 – 7 (Tunggal)
 
Thema : 
Makanlah yang menjadi bagianmu/Makanlah Yang Seharusnya Dimakan (Panlah si biak man pangan)
 
Saudara-Saudari Jemaat Tuhan,
Sangat memprihatinkan sebenarnya bila kita mencoba menelaah kebisaaan bahasa yang ada dalam keseharian kita, khususnya tentang bekerja. Seharian kita “membanting tulang” mengeluarkan semua energy, pikiran, waktu dan kekuatan kita; eh alih-alh ketika ada yang bertanya pada kita “Untuk apa kamu bekerja seharian seperti itu”. Kita dengan entengnya mengatakan bahkah ada yang bangga sambil membusungkan dada menjawab “cari makan”… Seolah-olah ngga ada keperluan lain dalam kehidupan kita selain makan. Dan memang ada juga ungkapan yang bisa sangat berbeda yakni : Kita makan untuk bekerja” atau sebaliknya “bekerja untuk makan”. Terlepas dari mana yang benar ataupun meng”amin’kan istilah “cari makan”, memang harus jujur kita akui bahwa dalam kehidupan kita ada begitu banyak kebutuhan yang ingin kita penuhi.

Lebih lanjut: Khotbah Kejadian 2:16-17; 3:1-7, Minggu 9 Maret 2014

 

Khotbah Matius 17:1-9, Minggu 2 Maret 2014

Renungan

Introitus : 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup
 
Bacaan : Keluaran 24 : 12 – 18; Khotbah : Matius 17 : 1 – 9
 
Tema : 
Dengarkanlah Yesus sebab Ia lah yang melakukan kehendak Allah.
 
 
Jemaat yang dikasihi Tuhan, Hari ini , berdasarkan Kesaksian kitab Matius Pasal 17 ini. kita meliat kisah mengenai peristiwa yang ajaib yang dilakukan oleh Kristus. Peristiwa ini adalah sesuatu yang misteri dan luar bisaa, Pristiwa kemuliaan Tuhan Yesus Nampak di depan mata ketiga muridNya.
Pristiwa ini menjadi sangat penting, didalam sejarah hingga saat ini Gereja gereja di Timur dan di Barat merayakan peristiwa pemuliaan ini pada tanggal 6 agustus. Gereja di Timur menyebutnya denga Perayaan Perubahan Rupa dengan nama Taborian.

Lebih lanjut: Khotbah Matius 17:1-9, Minggu 2 Maret 2014

 

Page 20 of 56

BP-KLASIS-XXX

"SELAMAT DATANG mengunjungi Web GBKP KLASIS JAKARTA-BANDUNG"

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15

Pengunjung Online

We have 17 guests online

Login Form