Khotbah Kejadian 15:1-6, Minggu 24 Februari 2013 (Pasion III)

Renungan

Introitus :
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman,itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.
 
Pembacaan : Galatia 3 : 6 -14; Khotbah : Kejadian 15 : 1-6
 
Thema :
Kita dibenarkan karena iman (kita ibenarken arah kiniteken).
 
Pendahuluan
Adalah merupakan keinginan dan kebanggaan manusia kalau kita dianggap orang yang benar didalam kehidupan manusia. Kebenaran di hadapan manusia ialah kalau kita mampu malakukan undang - undang dan etika bermasyarakat. Tema yang kita bicarakan tentunya jauh melebihi kebenaran menurut ukuran manusia,karena tema ini menyangkut pembenaran/penebusan dari dosa.
 
Pembenaran atau penebusan akan dosa manusia,merupakan syarat mutlak untuk memperoleh keselamatan atau kehidupan kekal yang merupakan tujuan akhir bagi setiap orang percaya.Diantara begitu banyak agama di dunia ini hanya agama Kristen yang menganut Dogma tentang keselamatan hanya karena anugerah yang diberikan Allah kepada manusia di dalam Jesus Kristus.
 
Agama islam mengakui keselamatan akan diperoleh dengan melakukan amal,karena dengan amal penganutnya akan memperoleh pahala.
 
Agam hindu dengan “SAMSARA” dengan mengalami Samsara atau sengsara,kesalahannya akan diampuni. Karena mau di tusuk dengan paku,berjalan diatas api,dsb. Semuanya untuk memperoleh keselamatan atas sengsara yang telah mereka alami.
 
Agama roma katolik sebelum reformasi martin luther 31 oktober 1517 juga yakin bahwa pengaruh usaha manusia sangat besar untuk keselamatan. Dan mereka mempunyai keyakinan semakin besar persembahan,semakin besar dosa yang keluar dari manusia itu,sehingga pada masa itu ada surat penghapusan dosa yang dilakukan oleh paus.
 
Ada juga agama primitive dengan paham memberikan sesajen kapada leluhur mereka agar mereka diberkati dan diselamatkan.
 
Untuk menentang ajaran tentang keselamatan karena usaha atau perbuatan manusia,martin luther berkata tentang :
• Sola Gratia : Hanya anugerah
• Sola fidei : Hanya iman
• Sola scriptura : Hanya Alkitab
 
Rasul Paulus pada setiap suratnya juga menekankan keselamatan hanya karena anugerah Tuhan,bukan karena perbuatan manusia.
 
Uraian :
  • Introitus ( Efesus 2 : 8 ). Jelas dari surat Rasul Paulus kepada jemaat Epesus,semata-mata anugerah Tuhan karena manusia percaya kepada Kristus.sehingga Rs Paulus berkata tidak ada jalan utuk membanggakan diri (Ep 2 : 9).
  • Pembacaan ( Galatia 3 :6 -14)
Rasul paulus ingin mengkritik dan meluruskan paham orang jahudi,sangat mengangungkan Abraham dan merasa setiap keturunan Abraham akan selamat.Rasul paulus berkata bahwa manusia diselamatkan karena ber-iman kepada Allah.Iman Abraham diperhitungkan Allah menjadi kebenaran.
 
Menurut Rs Paulus,setiap orang yang beriman dan percaya kapada Allah didalam Jesus Kristus yang disebut keturunan Abraham. Karena Abraham percaya kepada Allah,dia diberkati dan setiap orang yang percaya kepada Allah juga akan memperoleh berkat.
 
Rasul Paulus juga mengkritik pemahaman jemaat Galatia yang menonjolkan usaha manusia menjalankan taurat untuk keselamatan manusia. Dengan tegas Rs paulus berkata bahwa keyakinan dengan undang – undang (taurat) untuk keselamatan akan di hukum oleh Allah. Karena tidak seorang manusia mampu melakukan hukum taurat seutuhnya.
 
3. Bahan Khotbah ( Kej 15 : 1- 6 )
Bahagian pasal ini merupakan perjanjian Allah dengan Abram. Allah meyakinkan Abram bahwa allah akan tetap menyertai,melindungi dan memberkati Abram. Berkat yang dijanjikan Allah menimbulkan pertanyaan Abram,karena dia pada saat itu belum mempunyai anak (keturunaan),sedangkan dia dan istrinya sarah sudah lanjut usia.
 
Allah berkata kepada Abram bahwa berkat - berkat yang akan diterimanya bukan untuk elieser hambanya,tapi untuk anak nya sendiri yang akan lahir dari istrinya sarah.
 
Allah juga mengingatkan apa yang pernah dijanjikan allah bahwa keturunannya seperti bintang – bintang dilangit. Walau janji Allah itu sulit diterima secara logika,tapi Abram percaya sehingga dia diterima Allah sebagai orang yang benar.
 
Penekanan
  1. Banyak hal yang secara logika tidak dapat diterima,tapi dengan iman hal itu sangat dimungkinkan.karena iman adalah dasar dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
  2. (Ibrani 11 : 1)
  3. Kalau manusia dibenarkan karena iman,bukan berarti perbuaan baik tidak perlu.kita berbuat baik bukan untuk diselamatkan,kita berbuat baik sebagai tanda ucapan syukur kita kepada Allah didalam Jesus Kristus.
  4. Orang yang sudah diselamatkan oleh kematian dan kebangkitan Kristus harus hidup didalam kehidupan yang baru. Dengan kematian Kristus,kita dan dosa kita ikut terkubur. Dengan kebangkitan-Nya kita hidup dalam kehidupan baru.
  5. Tunjukkanlah iman melalui perbuatan. Iman tanpa perbuatan adalah mati.
Pdt.Amat Ginting Jawak

 

 "SELAMAT DATANG mengunjungi Web GBKP KLASIS JAKARTA-BANDUNG"

Renungan

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15

Pengunjung Online

We have 61 guests online

Login Form