PEMBUKAAN SIDANG KERJA SINODE (SKS) DAN SIDANG PROGRAM & KEUANGAN (SPK) TAHUN 2014

Warta Klasis

SKS-1-XXXPembukaan Sidang Kerja Sinode (SKS) dan Sidang Program dan Keuangan (SPK) tanggal 22-25 Oktober 2014 telah dilaksanakan pada pukul 10.00 Wib, di dahului kebaktian pembukaan yang dipimpin Pdt.Vera Ericka Br.Ginting, direktur Percetaken dan Toko Buku GBKP Abdi Karya Kabanjahe,

dilanjutkan kaka-kata sambutan yang disampaikan Ketua Moderamen, Pdt.MP Barus dan Plt. Bupati Tanah Karu, Terkelin Brahmana.

Dalam kata sambutannya, Pdt. MP Barus mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Plt.Bupati Tanah Karo yang telah berkenan hadir dalam pembukaan SKS/SPK tahun 2014. Pendeta ini juga menyatakan dukungan GBKP kepada Bpk.Bupat dengan senantiasa mendoakannya sehingga dapat melakukan tugas dengan baik, juga berharap sebagai anggota jemaat GBKP, Bupati juga dapat memperlakukan setiap masyarakat, golongan dan kepercayaan secara adil. Juga mengucapkan selamat datang kepada semua peserta sidang SKS/SPK dan undangan. Selanjutnya dalam kata sambutannya Plt. Bupati Tanah Karo, Terkelin Brahmana juga mengucapkan terimakasih atas undangan untuk hadir dalam pembukaan SKS/SPK, serta menyampaikan mendukung penuh pelaksanaan Sinode dan Jublium GBKP yang dilaksanakan bulan April 2015 di RC Sukamakmur dan di Kabanjahe.

Sebelum persidangan disyahkan, dilanjutkan acara penyerahan penghargaan kepada 9 pendeta yang sudah 25 tahun melayani (Pdt.Erick Johnson Barus yang melayani sebagai Kabid Koinonia Moderamen, Pdt.Ediwati Ginting yang melayani di GBKP Bogor, Suria Sembiring Rg.Rumah Kabanjahe, Pdt.Satria Sembiring Ketua GBKP Klasis Brastagi, Pdt.Noni Br.Kliat Rg.Tigapanah, Pdt.Jaga Perangin-angin melayani di Rg.Tanjung Slamat, Pdt.Indra Ketaren melayani di Kantor Moderamen, Pdt.Firman Baru melayani di Rg.Sidikalang, Apel Setia Br.Ginting pegawai Kantor Moderamen). Satu kehormatan, Plt. Bupati Tanah Karo ikut mengambil bagin menyerahkan penghargaan berupa plakat pelayanan 25 tahun kepada para pendeta.

Pada pukul 11.30 Wib persidangan disyahkan oleh ketua Umum Moderamen, setelah terlebih dahulu Sekretaris Umum Moderamen, Pdt.Simon Tarigan mendata kehadiran klasis dan utusan klasis dan Moderamen sudah memenuhi qurum dan syah mengambil keputusan. Selanjutnya sesuai permintaan peserta sidang, terlebih dahulu moderamen yang diwakili Pdt.Agustinus Purba menjelaskan atau menginformasikan penghargaan yang diperolah GBKP yakni “Tangguh Award 2014” untuk Tokoh Inspiratif Reksa Utama Anindha dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pada tanggal 13 Oktober 2014 di Bengkulu. Penghargaan tersebut diberikan atas jasa-jasa yang luar biasa dalam kemanusiaan untuk penanggulangan bencana. GBKP dinilai banyak berperan membantu pengungsi Sinabung dengan tulus tanpa membedakan latar belakang agama.

Dalam laporan umum Moderamen mengenai statistic GBKP disebutkan, jumlah anggota GBKP tahun 2013 sebanyak 302.227 orang dengan 89.923 KK, 22 Klasis, 533 Jemaat/Runggun. Jumlah personalia Agustus 2014: 394 orang Pendeta, 55 orang Calon Pendeta/Vikaris, 15 orang Calon Vikaris, 54 orang Pendeta Pensiun, 5 orang Pendeta MPP, 46 Pegawai, 1 orang calon Pegawai, 1 orang pegawai MPP, 9 orang pegawai pensiun, 6 orang pendeta non personalia//asbrahm

Login Form